Kamis, 09 Februari 2012

Fanatisme Sepak Bola Indonesia

            Indonesia saat ini sedang dalam masa euforianya sepak bola, mulai dari anak anak, kaum hawa hingga kakek kakek pun sangat antusias untuk melihat langsung setiap pertandingan yang di laksanaakan Timnas Indonesia. begitu besar kekuatan sepak bola negara ini untuk menyatukan masyarakat dari ras, suku dan budaya yang berbeda beda hingga membuat mereka menjadi satu kumpulan yang disebut suporter Indonesia.
       Sejak piala AFF 2011 dan SeaGames lalu memang nasionalisme masyarakat Indonesia sangat memuncak untuk mendukung tim kebanggaannya yang berlambang garuda. permainan yang di mainkan timnas asuhan Rahmad Darmawan ini seolah olah berhasil menyihir jutaan pasang mata yang melihat permainan Indonesia yang begitu mengagumkan karena memang masyarakat Indonesia sangat merindukan keadaan seperti ini ini terjadi tidak hanya di Timnas tatapi level klub pun juga sama. terlebih lagi setiap klub klub Indonesia yang bertanding tidak kurang dari 10ribu suporter memadati stadion, ini luar biasa bukan?
            Begitu besar antusias yang ditunjukan para suporter terhadap tim kesayangannya hingga sering sekali terdengar berita akibat tawuran suporter sepak bola beberapa orang luka luka bahkan sampai kehilangan nyawa. Terdengar sangat miris sekali, hanya karena tim kesayangannya mereka merelakan jiwa raganya bahkan nyawanya demi kehormatan tim dari suporter suporter lainnya.
            Miris sekali jika mendengar dan melihat berita tentang hal ini terus menerus yang seolah olah suporter telah buta terhadap dirinya sendiri. mungkin hal ini tidak akan terjadi jika mereka sadar apa yang mereka lakukan itu tidak lah ada untungnya, jika memang ada sebesar apa sih? paling hanya merasa puas, lebih terhormat dibandingkan suporter lain dan sungguh hal itu benar benar pengaruh setan.
       Saya teringat kutipan dai Drummer band SID yaitu JRX seperti ini ' fanatik berlebihan akan membunuhmu '. ktanya elegan, santai tapi begitu dalam maknanya, jika kita begitu fanatik terhadap sesuatu bukan tidak mungkin kita pun akan selalu terpaku terhadap apa yang kita fanatikan dan pola pikir kita akan selalu berfikir kalo saya ini yang terbaik , alhasil kita pun akan selalu memperjuangkan apa yang kita anggap beda dengan kita, tidak sejalan dengan kita dan yang mengganggu kita. Inilah yang terjadi pada suporter kita saat ini, ini yang harus di ubah. mungkin sistem yang akan dibuat tim tim untuk mengurangi resiko seperti itu tidak akan berjalan dengan baik karena yang sangat efektif ya hanya kesadaran diri sendiri.
           Sepak bola Indonesia saat ini benar benar dalam transisi untuk menjadi sepak bola yang lebih baik lagi, mulai dari pengembangan pemain muda di Indonesia yang dilaksanakan di setiap daerah secara bertahap, Indonesia pun sangat berpotensi kembali menjadi raja Asia Tenggara, hal ini sangat baik jika didukung 100% oleh semua pihak. Sekarang saat yang tepat untuk para suporter untuk menjadi lebih dewasa, sadar dan selalu bersahabat dengan siapa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar